Skip to main content

PERADABAN ISLAM TURKI UTSMANI (Sejarah Lahirnya Turki)


PERADABAN ISLAM TURKI UTSMANI

Gambar terkait

Halo para warganet berjumpa lagi dengan saya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang sebuah peradaban islam yang sangat terkenal lho..., yaitu peradaban kerajaan Turki Utsmani yaudah tanpa basa-basi kembali ke laptop. selamat membaca  

Paska pembubaran kesultanan Run yang dipimpin oleh dinasti Seljuq Turki, pendahulu Utsmaniah, pada tahun 1300an Anatolia terpecah menjadi beberapa negara merdeka yang disebut emirat Ghazi. Salah satu emirat Ghazi dipimpin oleh Osman 1 memperluas batas permukiman turki samoai pinggiran kekaisaran Bizantium. Tidak jelas bagaimana Osman 1 berhasil menguasai wilayah tetangganya karena belum banyak diketahui soal sejarah Anatolia abad pertengahan.

Pada abad setelah kematian Osman 1, kekuasaan Utsmaniyah mulai meluas sampai mediterania Timur dan Balkan. Putra Osman, Orhan, menaklukan kota Bursa pada tahun 1324 dan menjadikannya ibu kota negara Utsmaniyah. Kejatuhan Burza menandakan berakhirnya kendali Bizantium atas Anatolia Barat Laut. Kota Thessaloniki direbut dari Republik Venesia pada tahun 1387. Kemenangan Utsmaniyah di Kosovo tahun 1389 secara efektif mengawali kejatuhan pemerintahan Serbia di wilayah itu dan memnuka jalan untuk perluasan wilayah Utsmaniyah di Eropa. Pertempuran Nicopolis tahun 1396 yang dianggap luas sebagai perang salib besar terakhir pada abad pertengahan gagal menghambat laju bangsa Turki Utsmaniyah.

Seiring meluasnya kekuasaan turki di Balkan. Penaklukan strategis Konstantinopel menjadi tugas penting. Kesultanan ini mengendalikan nyaris seluruh bekas tanah Bizantium di sekitar kota, namun warga Yunani Bizantium sempat luput ketika penguasa Turk-Mongolia, Tamerlane, menyerbu Anatolia dalam pertempuran Ankara tahun 1402. Ia menangkap Sultan Bayezid 1. Penangkapan Bayezid 1 menciptakan kekacauan di kalangan penduduk Turki. Negarapun mengalami perang saudara yang berlangsung sejak 1402 sampai 1413 karena putra bayezid memperebutkan tahta. Perang berakhir ketika Mehmet 1 naik sebagai sultan dan mengembalikan kekuasaan Utsmaniyah. Kenaikannya juga mengakhiri Interregnum yang disebut Fetret Devri dalam bahasa Turki Utsmaniyah.

Sebagian teritori Utsmaniyah di Balkan sempat terlepas setelah 1402. Tetapi berhasil direbut kembali oleh Murad 2 antara 1430-an dan 1450-an. Pada tanggal 10 November 1444. Murad 2 mengalahkan pasukan Hongaria, Polandia, dan Wallachia yang dipimpin oleh Wladyslaw 3 dari Polandia (sekaligus raja Hongaria) dan Janos Hunyadi di pertempuran Varna, pertempuran terakhir dalam perang Salib Varna 40 tahun kemudian Janos Hunyadi mempersiapkan pasukannya (terdiri dari pasukan Hongaria dan Wallachia) untuk menyerang Turki, namun dikalahkan oleh Murad 2 dalam pertempuran Kosovo 2 tahun 1448.


A. Sejarah Lahirnya Turki Utsmani

            Kerajaan Turki Utsmani berasal dari salah satu suku di turki barat yaitu suku kayi, saat Jengkis Khan melakukan penyerbuan dan penyerangan di wilayah Turkistan yang dialami oleh suku kayi.Sulaiman Syah pemimpin suku Kayi, meminta pertolongan kepada penguasa Transoksania bernama jalaludin Mungurbiti bin khawarizmi, namun pada akhirnya Transoksania juga bisa dikuasai oleh Mongol. Sulaiman Syah lelu memimpin anggotanya untuk pergi ke Kurdistan dan ke Azerbaijan, tepatnya di perbatasan Asia kecil. Di daerah inilah mereka menetap dan melakukan aktivitas kehidupan.

            Sulaiman Syah berusaha memasuki wilayah Syam, Namun saat menyebrangi sungai Eufrat datang banjir hingga ia meninggal dunia. Sulaiman Syah memiliki empat putra, yaitu Sankurtakin, Tongdai, Ertoghrul dan Dandan. Sepeniggal Sulaiman Syah anggotanya terbagi dalam dua kelompok, yaitu yang ingin kembali ke daerah asal diikuti dua putra Sulaiman Syah yaitu Sankurtakin dan Tongdai, dan yang ingin melanjutkan ke Asia kecil diikuti oleh Ertoghrul dan Dandan. Kelompok yang ingin melanjutkan ke Asia kecil mengangkat Ertoghrul, putra ketiga Sulaiman Syah sebagai pemimpin baru mereka hingga mereka akhirnya menetap di Anatolia.

            Ketika terjadi pertempuran antara pasukan sultan Alaudin 1 dari bani Saljuk Rum dengan kekaisaran Byzantium (Romawi Timur) maka Ertoghrul dan para pengikutnya membantu pasukan Alaudin 1 hingga mencapai kemenangan. Atas bantuan ini Alaudin 1 sangat berterimakasih dan memberi hadiah kepadanya berupa daerah di pegunungan Ermenia dan lembah Saguta di sepanjang sungai Sakaria. Ertoghrul dan pasukannya mendapat tugas dari Alaudin 1 untuk menaklukan dan menguasai daerah pesisir Laut Hitam, ke Brussa hingga Eskisher. Pasukan Ertoghrul oleh Alaudin 1 diberi gelar Muqaddimah Sultan (tentara pelopor sultan), sedangkan Ertoghrul sendiri mendapat gelar Sultan Oki (kening sultan).

            Ertoghrul pada tahun 1288 M meninggal dunia. Oleh Alaudin 1 diangkatlah putranya yang bernama Utsman sebagai penggantinya, karena kesetiaanya Alaudin 1 memberinya gelar Bey pada Utsman dan diberikan daerah yang lebih luas serta dapat memakai mata uang sendiri, ahkan mananya s=juga disebut dalam setiap khutbah Jumat. Pada tahun 1299 M Ghazan Khan dari Mongol yang menyerang Seljuk Rum tetapi serangan itu bisa digagalkan oleh Utsman. Tak lama kemudian Sultan Alaudin 1 meninggal dunia, sementara Sultan Alaudin 1 tidak memiliki putra yang pantas menggantikan kedudukannya.Peristiwa ini dimanfaatkan oleh Utsman untuk menyatakan diri sebagai "Padisah Utsmaniyah"( raja keluarga Utsman) yang juga mendapatkan dukungan penuh dari rakyat. dengan demikian berdirilah kerajaan Utsmani dan ibukota kerajaan Utsmani pertama di Qurah Hisyar ( Iskisyiyar)

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Adf.ly

Asamualaikum Wr Wb halo para warganet disini saya akan membagi sebuah tips untuk mendapatkan uang dengan mudah dari internet sebelum itu saya akan menjelaskan apa itu Adfly, Cara daftar Adlfy ,dan cara mendapatkan uang dari Adfly Apa itu adfly ?  Mungkin kamu sering sekali menemukan sebuah link di situs web tertentu yang jika di klik akan mengarah ke sebuah web yang disitu ada sebuah tombol link bertuliskan "lewati iklan / skip add". Inilah yang disebut dengan  adfly , secara umum Adfly adalah media periklanan online yang berbasis URL Shortener, dimana Advertiser (pengiklan) bisa memasang iklan di situs Adfly sedangkan Publisher (penerbit iklan) bisa mendapatkan uang dengan cara mempromosikan link dari adfly. Disisi lain adfly juga seperti url shortener lain seperti halnya goo.gl, bit.ly, dll. Tapi bedanya, adfly bisa digunakan untuk mendapatkan uang atau beriklan. Di situs  adfly  kita bisa menjadi Advertiser atau Publisher. Jika memiliki suatu bisn

PERADABAN ISLAM TURKI UTSMANI (Strategi dan kebijakan pemerintah daulah Turki Utsmani)

Strategi dan Kebijakan Pemerintah Daulah Turki Utsmani Awal Assalamualaikum wr wb warganet, kembali lagi dengan saya. kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang peradaban islam turki utsmani  yang kedua yaitu tentang kebijakan dan sstrategi pemerintah daulah Turki Utsmani awal. Selamat membaca. 1.      Utsman yang kemudian disebut dengan Utsman 1 ( 1299-1326 M /699-726 H) sebagai pendiri Turki Utsmani yang mencanangkan kerajaan dibangun atas sendi-sendi persatuan suku Turki. Utsman membangun tentara yang berjuang atas nama Allah SWT yang sering disebut dengan Al-Ghazi yang terdiri dari akhl / ikhwan (persaudaraan) Tarekat Baktasyi. Pada masa Kekuasaannya berhasil membebaskan daerah Bursa kota di tepi laur Marmara. 2.     Orkhan (1326-1360 M / 726-761 H). Setelah menggantikan ayahandanya, Orkhan memindahkan kerajaan di Qurah Hisyar (Iskisyiyar) ke Bursa. Pada masa kekuatan Orkhan bergabunglah wilayah Turkeman, Kemudian perluasan wilayah dilanjutkan ke Nic

PERADABAN ISLAM TURKI UTSMANI (Kemajuan peradaban Islam masa Turki Utsmani)

 Kemajuan Peradaban Islam Masa Turki Utsmani Assakamualaikum wr wb warganet. Berjumpa kembali dengan saya lagi dan pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan kita tentang peradaban Turki Utsmani yaitu tentang Kemajuan peradaban Islam masa Turki Utsmani. ok cukup itu basa-basinya Selamat membaca 1.      Muhammad 1 (1403-1421 M / 817-624 H). Muhammad 1 adalah putra bungsu dari Bayazid, setelah berkuasa menggantikan ayahnya ia mulai menyusun kekuatan kembali dan memulihkan keadaan Turki Utsmani dari upaya pemecah belahan yang dilakukan oleh Timur Lenk. Ia berhasil menundukan saudara Isa yang berkuasa di Brussa dan Sulaiman yang berkuasa di Andrianopel serta Mustafa yang menuntut haknya sebagai penguasa karena merasa sebagai putra tertua. Pasukan Mustafa dapat dikalahkan di Soloniki dan melarikan diri ke Byzantium. Strategi berikutnya adalah dengan berdamai pada penguasa Byzantium dan Benesia, dengan maksud agar kedua negeri ini tidak menggangu