Skip to main content

PERADABAN ISLAM TURKI UTSMANI (Kemajuan peradaban Islam masa Turki Utsmani)


 Kemajuan Peradaban Islam Masa Turki Utsmani




Gambar terkait


Assakamualaikum wr wb warganet. Berjumpa kembali dengan saya lagi dan pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan kita tentang peradaban Turki Utsmani yaitu tentang Kemajuan peradaban Islam masa Turki Utsmani. ok cukup itu basa-basinya Selamat membaca



1.     Muhammad 1 (1403-1421 M / 817-624 H). Muhammad 1 adalah putra bungsu dari Bayazid, setelah berkuasa menggantikan ayahnya ia mulai menyusun kekuatan kembali dan memulihkan keadaan Turki Utsmani dari upaya pemecah belahan yang dilakukan oleh Timur Lenk. Ia berhasil menundukan saudara Isa yang berkuasa di Brussa dan Sulaiman yang berkuasa di Andrianopel serta Mustafa yang menuntut haknya sebagai penguasa karena merasa sebagai putra tertua. Pasukan Mustafa dapat dikalahkan di Soloniki dan melarikan diri ke Byzantium.

Strategi berikutnya adalah dengan berdamai pada penguasa Byzantium dan Benesia, dengan maksud agar kedua negeri ini tidak menggangu kerta utamanya yaitu mendamaikan kekhalifahan Utsmani. Upaya yang ia lakukan selanjutnya ialah dengan menundukan kembali negeri-negeri di Asia kecil yang telah dimerdekakan Timur Lenk.

Sultan Muhammad 1 mampu menumpas gerakan Syaikh Badaruddin yang menyerukan persamaan dalam harta benda dan agama serta tidak membedakan antara seorang muslim dan nonmuslim dalam aqidah. Berkat usahanya yang gigih, Muhammad 1 berhasil mengangkat citra Daulah Utsmaniyah sehingga dapat bangkit kembali, yaitu dengan menyusun pemerintahan, memperkuat tentara, dan memperbaiki kesejahteraan kehidupan masyarakat. Dan disaat rakyat mendapat seorang penguasa yang sesuai dengan harapan, pada tahun 824 H (1421 M) Sultan Muhammad 1 wafat.

2.     Murad 2 (1421-1451 M / 824-855 H). Saat menggantikan ayahandanya, usianya baru 18 tahun. Namun ia sangat mencintai jihad di jalan Allah SWT dan dakwah, dia juga dikenal sebagai penyair dan orang yang mencintai ulama.Cita-cita Sultan Murad 2 adalah melanjutkan usaha perjuangan Muhammad 1.Prioritas perjuangannya  adalah menguasai kembali daerah-daerah yang terlepas dari kerajaan Turki Utsmani sebelumnya, yaitu daerah Asia Kecil, Soloniki, Albania, Falakh, dan Hongaria.

Serangan gabungan dari raja-raja Eropa seperti Maghyar (Hungaria), Polandia, Perancis, Jerman, Venesia, Genoa, Falakh, Bosnia, dan Serbia tidak mampu dibendung pasukan Murad 2 dan Berakhir di perundingan damai yang isinya negeri Serbia mereka kembali, sedangkan Falakh berada ditangan kekuasaan Maghyar, dan kedua belah pihak tidak akan berperang selama 10 tahun.

Setelah semakin bertambahnya beberapa daerah di bawah kekuasaan tentara Islam, Paus Egenius VI kembali menyerukan Perang Salib. Tentara Sultan Murad 2 mendarita kekalahan dalam perang itu.

Akan tetapu dengan bantuan putranya yang bernama Muhammad, perjuangan Murad 2 dapat dilanjutkan kembali yang pada akhirnya Murad 2 kembali mendapat kemenangan dan keadaan menjadi normal kembali sampai akhir kekuasaan di serahkan kepada putranya yang bernama Sultan Muhammad Al-Fatih.

3.     Muhammad 2 Al-Fatih (1451-1481 M / 855-884 H). Al-Fatih adalah gelar beliau karena berhasil menaklukan Konstantinopel. Muhammad Al-Fatih diangkat menjadi sultan setelah kematian ayahnya yang ketika itu umurnya 22 tahun. Muhammad Al-Fatih berusaha membangkitkan kembali sejarah umat islam sampai menaklukan Konstantinopel ibukota Byzantium. Konstantinopel adalah kota yang sangat penting dan belum bisa dikuasai oleh raja-raja sebelumnya. Muhammad Al-Fatih mempunyai kepribadian yang baik dan menawan, mampu menggabungkan antara kekuatan dengan keadilan. Sejak muda beliau menjadi pemenang diantara teman-temannya dalam penguasaan ilmu yang ia pelajari di sekolah istana, menguasai banyak bahasa yang berlaku dimasanya dan sangat tertarik untuk mengkaji buku-buku sejarah.

Menurut Hamka, ada tiga alasan mengapa umat islam ingin menaklukan Konstantinopel : Pertama, dorongan iman kepada Allah SWT dan semangat perjuangan berdasarkan hadist nabi Muhammad SAW ;”Pada suatu saat kota Konstantinopel pasti akan ditaklukan oleh umat islam dan sebaik-baiknya pemimpin adalah yang menaklukannya dan sebaik-baiknya pasukan adalah pasukannya.” Kedua, Konstantinopel termasuk pusat perdagangan dunia dan Ketiga, negerinya sangat indah dan letaknya strategis untuk dijadikan kerajaan atau perjuangan, penghubung antara Eropa dan Asia.

Muhammad Al-Fatih berhasil menaklukan Konstantinopel dengan perencanaan dan persiapan yang matang dan juga strategi yang baik. Pertama,Muhammad Al-Fatih mengadakan perjanjian damai dengan raja-raja Maghyar, Bosnia, dan Venesia. Kedua, membuat benteng yang kokoh di selat Bosphorus atau Benteng Rumli Haisar (benteng Rum) yang berhadapan langsung dengan benteng Kuzal Hisar (benteng yang indah). Upaya ini dilakukan untuk menutuo akses bantuan dari luar atas Konstantinopel. Ketiga, mengadakan mengadakan penyedilikan tentang kelemahan dan kekuatan benteng Konstantinopel. Keempat, mengutus Tharkhan Pasha untuk menemui dua orang saudara kandung kaisar Konstantin yang menjadi penguasa Mora agar tidak bisa membantu kaisar Konstantin.

Setelah segala sesuatu dianggap sukup, dilakukanlah pengepungan selama 9 bulan. Akhirnya Konstantinoperl berhasil jatuh ke tangan umat Islam pada 29 Mei 1453 M dan Kaisar Konstantin Palaelagos tewas bersama tentara Romawi Timur. Setelah memasuki Konstantinopel, disana terdapat sebuah gereja Hagia Sophia yang kemudian dijadikan masjid oleh umat Islam. Setelah kota Konstantinopel ditaklukan akhirnya kota tersebut dijadikan ibu kota kerajaan Turki Utsmani dan namanya diganti menjadi Islambul atau kota Islam yang kemudian dikenal dengan nama Istanbul.

4.     Bayazid 2 (1481-1512 M / 884-918 H). Menggandikan kedudukan ayahnya, Bayazid 2 merupakan penguasa yang sangat lemah sehingga menimbulkan banyak kekacauan di dalam negeri, praktis di masanya tidak ada perubahan mendasar.

5.     Salim 1 (1512-1520 M / 918-926 H). Berbeda dengan masa pemerintahan ayahnya Bayazid 2, Salim dapat mengangkat citra Daulah Turki Utsmani kembali. Dimasa pemereintahannya banyak yang dilakukan. Pertama, mengatasi saudaranya yang mempunyai keinginan untuk berdiri sendiri. Kedua, mengalahkan Daulah Syafawiyah yang berpusat di Iran. Ketiga, dapat memperluas wilayah kekota Mardin, Qurfa, Riqqah, Mousu, dan juga Diyabekr. Keempat, mengalahkan kerajaan Mamluk di Mesir dengan raja terakhirnya Thuman Bey. Kelima, mendapatkan tanda-tanda kebesaran Khalifah Abbasiyah di Mesir seperti bendera, burdah, dan pedang Nabi Muhammad SAW yang kemudian dibawa ke Istanbul. Secara otomatis, Syam, Mesir, dan Hijaz berada dalam kekuasaanya. Keenam, pasukan yang dikirim dengan panglima Barbosa bisa menguasai Aljazair. Dari apa yang telah Sultan Salim 1 lakukan, Ia dikenal sebagai Padisah Turki Utsmani.

6.     Sulaiman 1 / Sulaiman Al-Qonuni  (1520-1566 M / 927-974 H). Sulaiman 1 naik tahta saat Turki Utsmani mencapai puncak kejayaan, peristiwa penting dimasa pemerintahannya adalah upaya penyempurnaan undang-undangTurki Utsmani. Akhirnya disusunlah kitab standar tentang peraturan perundang-undangan yang ditulus oleh Ibrahim al-Halabi. Sulaiman 1 diberi gelar Al-Qonuni atau  The Magnificent “pembuat undang-undang”, karena jasanya meletakkan dasar hukum bagi Daulah Utsmani dan yang paling lama memerintah. Kitab undang-undang itu diberi nama Multaqaal-Abrar/Multaqul Abur (muara segala samudra) Selain itu, Sulaiman 1  melakukan pembangunan Masjid Sulaiman, 81 masjid jami’, 52 masjid kecil, 55 madrasah, 7 asrama pelajar, 5 buah takiah (tempat memberi makan fakir miskin), 7 jembatan, 33 istana, 18 pesanggrahan, 5 museum, dan 33 tempat mandi umum.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Adf.ly

Asamualaikum Wr Wb halo para warganet disini saya akan membagi sebuah tips untuk mendapatkan uang dengan mudah dari internet sebelum itu saya akan menjelaskan apa itu Adfly, Cara daftar Adlfy ,dan cara mendapatkan uang dari Adfly Apa itu adfly ?  Mungkin kamu sering sekali menemukan sebuah link di situs web tertentu yang jika di klik akan mengarah ke sebuah web yang disitu ada sebuah tombol link bertuliskan "lewati iklan / skip add". Inilah yang disebut dengan  adfly , secara umum Adfly adalah media periklanan online yang berbasis URL Shortener, dimana Advertiser (pengiklan) bisa memasang iklan di situs Adfly sedangkan Publisher (penerbit iklan) bisa mendapatkan uang dengan cara mempromosikan link dari adfly. Disisi lain adfly juga seperti url shortener lain seperti halnya goo.gl, bit.ly, dll. Tapi bedanya, adfly bisa digunakan untuk mendapatkan uang atau beriklan. Di situs  adfly  kita bisa menjadi Advertiser atau Publisher. Jika memiliki suatu bisn

PERADABAN ISLAM TURKI UTSMANI (Strategi dan kebijakan pemerintah daulah Turki Utsmani)

Strategi dan Kebijakan Pemerintah Daulah Turki Utsmani Awal Assalamualaikum wr wb warganet, kembali lagi dengan saya. kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang peradaban islam turki utsmani  yang kedua yaitu tentang kebijakan dan sstrategi pemerintah daulah Turki Utsmani awal. Selamat membaca. 1.      Utsman yang kemudian disebut dengan Utsman 1 ( 1299-1326 M /699-726 H) sebagai pendiri Turki Utsmani yang mencanangkan kerajaan dibangun atas sendi-sendi persatuan suku Turki. Utsman membangun tentara yang berjuang atas nama Allah SWT yang sering disebut dengan Al-Ghazi yang terdiri dari akhl / ikhwan (persaudaraan) Tarekat Baktasyi. Pada masa Kekuasaannya berhasil membebaskan daerah Bursa kota di tepi laur Marmara. 2.     Orkhan (1326-1360 M / 726-761 H). Setelah menggantikan ayahandanya, Orkhan memindahkan kerajaan di Qurah Hisyar (Iskisyiyar) ke Bursa. Pada masa kekuatan Orkhan bergabunglah wilayah Turkeman, Kemudian perluasan wilayah dilanjutkan ke Nic