Skip to main content

PERADABAN ISLAM TURKI UTSMANI (Sekilas Tentang Sultan Sulaiman AL-Qonuni)


Sekilas Tentang Sultan Sulaiman AL-Qonuni



Gambar terkait

Assalamualaikum wr wb warganet. Kali ini saya akan memberi sekilas tentang Sultan Sulaiman Al-Qonuni semoga yang saya sampaikan ini bermanfaat, tanpa basa-basi lagi langsung aja dibaca.

            Sejarah Islam mencatat kiprah dan perjuangan Sulaiman al-Qonuni dengan tinta emas sebagai penguasa muslim tersukses. Di abad ke-16 M, penguasa kekhalifahan Turki Utsmani itu menjadi pemimpin yang sangat penting di dunia, baik di duia Islam mauun Eropa. Di era kepemimpinannya, Kerajaan Ottoman menjelma sebagai negara adikuasa yang disegani, baik dalam bidang politik, ekonomi maupun militer.

            Pemimpin Muslim yang didapuk peradaban Barat dengan gelas “Solomon the Magnificent” atau “Solomon the Great”  itu adalah Sultan Sulaiman 1. Sulaiman 1 pun tersohor sebagai negarawan Islam yang tersulung di zamannya. Kharismanya yang begitu harum membuat Sulaiman 1 dikagumi oleh kawan dan lawan. Dimasa kekuasaanya, kehalifahan Turki Utsmani memiliki kekuatan militer yang sangat tangguh dan kuat.

            Sultan Sulaiman pun begitu berjasa besar dalam penyebaran agama Islam di daratan Eropa. Ketika berkuasaa, Sulaiman Agung (brgitu orang Barat menjulukinya), berhasil menyemaikan ajaran Islam hingga ketanah Balkan di Benua Eropa meliputi Hungaria, Beograd, dan Austira. Tak hanya itu, dia pun sukses menyebarkan ajaran Islam di benua Afrika dan kawasan Teluk Persia.

            Gelar al-Qonuni yang melekat pada nama besarnya dianugerahkan atas jasanya dalam menyusun dan mengkaji sistem undang-undangnKesultanan Turki Utsmani. Tak hanya menyusun, Sulaiman pun secara konsisten dan tegas menjalankan undang-undang itu. Sulaiman menerapkan Syariah Islamiyah dalam memimpin rakyat yang tersebar di Eropa, Persia, Afrika, serta Asia Tengah.

            Salah satu upaya penting yang dilakukan Sulaiman agar pemerintahannya kuat dan dicintai rakyat adalah dengan memilih gubernur yang benar-benar berkualitas.Ia memilih gubernur yang mewakilinya di setiap provinsi dengan selektif dan ketat. Popularitas dan status sosial menjadi syarat dalam mencari kandidat gubernur. Agar tidak kecolongan ia sendiri turun langsung menyelidiki jejak rekam serta kepribadian setiap calon gubernur.

            Hasilnya sungguh memuaskan. Setiap gubernus yang dipilih dan dilantiknya adalah sosok pemimpin yang bersih dan benar-benar berkualitas. Itulah mengapa, wilayah kekuasaan Turki yang begitu luas bisa bersatu dan tumbuh dengan pesat  menjadi sebuah kekuatan yang sangat diperhitungkan di dunia. Syariat Islam pun bisa dijalankan dengan baik.

            Sulaiman pundikenal sebagai pemimpin yang turut memajukan kebudayaan. Ia mencintai seni dan kebudayaan. Selain menduduki tahta kesultanan, Sulaiman pun dikenal sebagai salah satu penyair yang hebat dalam peradaban Islam. Pada era kekuasaanya, Istanbul menjelma menjadi pusat kesenian visual, musik, penulisan, serta filsafat. Inilah periode yang paling kreatif dalam sejarah Kesultanan Utsmani.

            Masa pemerintahaanya bisa terbilang sangat panjang, jika dibandingkan sultan-sultan Ottoman lainnya. Berkuasa selama 46 tahun, Sultan Sulaiman begitu banyak mencapai kemenangan dalam berbagai peperangan. Sehingga, wilayah kekuasaaan Kesultanan Utsmani terbentang dari timur sampai barat.

            Kecintaaanya pada ilmu pengetahuan diwujudkannya dengan mendirikan Universitas As-Sulaimaniyah. Sama seperty halnya pembangunan masjid Agung Sulaiman, pembangunan perguruan tinggi dilakukan olek arsitek ulung bernama Mimar Sinan. Sultan Sulaiman pun sempat menulis salinan Al-Qur’an dengan tangannya sendiri. Kini, Salinan Al-Qur’an masih tersimpan di masjid Agung Sulaiman.

            Dia dikenal juga sebagai seorang pemimpin pemerintahan yang amat luarbiasa. Keberhasilannya dalam menyusun kembali undang-undang yang pertama kali dibuat oleh Sultan Muhammad 2 alias Mehmet 2 merupakan salah satu pencapaian yang paling prestius. Wilayah kekuasaannya pun begitu luas.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Adf.ly

Asamualaikum Wr Wb halo para warganet disini saya akan membagi sebuah tips untuk mendapatkan uang dengan mudah dari internet sebelum itu saya akan menjelaskan apa itu Adfly, Cara daftar Adlfy ,dan cara mendapatkan uang dari Adfly Apa itu adfly ?  Mungkin kamu sering sekali menemukan sebuah link di situs web tertentu yang jika di klik akan mengarah ke sebuah web yang disitu ada sebuah tombol link bertuliskan "lewati iklan / skip add". Inilah yang disebut dengan  adfly , secara umum Adfly adalah media periklanan online yang berbasis URL Shortener, dimana Advertiser (pengiklan) bisa memasang iklan di situs Adfly sedangkan Publisher (penerbit iklan) bisa mendapatkan uang dengan cara mempromosikan link dari adfly. Disisi lain adfly juga seperti url shortener lain seperti halnya goo.gl, bit.ly, dll. Tapi bedanya, adfly bisa digunakan untuk mendapatkan uang atau beriklan. Di situs  adfly  kita bisa menjadi Advertiser atau Publisher. Jika memiliki suatu bisn

PERADABAN ISLAM TURKI UTSMANI (Strategi dan kebijakan pemerintah daulah Turki Utsmani)

Strategi dan Kebijakan Pemerintah Daulah Turki Utsmani Awal Assalamualaikum wr wb warganet, kembali lagi dengan saya. kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang peradaban islam turki utsmani  yang kedua yaitu tentang kebijakan dan sstrategi pemerintah daulah Turki Utsmani awal. Selamat membaca. 1.      Utsman yang kemudian disebut dengan Utsman 1 ( 1299-1326 M /699-726 H) sebagai pendiri Turki Utsmani yang mencanangkan kerajaan dibangun atas sendi-sendi persatuan suku Turki. Utsman membangun tentara yang berjuang atas nama Allah SWT yang sering disebut dengan Al-Ghazi yang terdiri dari akhl / ikhwan (persaudaraan) Tarekat Baktasyi. Pada masa Kekuasaannya berhasil membebaskan daerah Bursa kota di tepi laur Marmara. 2.     Orkhan (1326-1360 M / 726-761 H). Setelah menggantikan ayahandanya, Orkhan memindahkan kerajaan di Qurah Hisyar (Iskisyiyar) ke Bursa. Pada masa kekuatan Orkhan bergabunglah wilayah Turkeman, Kemudian perluasan wilayah dilanjutkan ke Nic

PERADABAN ISLAM TURKI UTSMANI (Kemajuan peradaban Islam masa Turki Utsmani)

 Kemajuan Peradaban Islam Masa Turki Utsmani Assakamualaikum wr wb warganet. Berjumpa kembali dengan saya lagi dan pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan kita tentang peradaban Turki Utsmani yaitu tentang Kemajuan peradaban Islam masa Turki Utsmani. ok cukup itu basa-basinya Selamat membaca 1.      Muhammad 1 (1403-1421 M / 817-624 H). Muhammad 1 adalah putra bungsu dari Bayazid, setelah berkuasa menggantikan ayahnya ia mulai menyusun kekuatan kembali dan memulihkan keadaan Turki Utsmani dari upaya pemecah belahan yang dilakukan oleh Timur Lenk. Ia berhasil menundukan saudara Isa yang berkuasa di Brussa dan Sulaiman yang berkuasa di Andrianopel serta Mustafa yang menuntut haknya sebagai penguasa karena merasa sebagai putra tertua. Pasukan Mustafa dapat dikalahkan di Soloniki dan melarikan diri ke Byzantium. Strategi berikutnya adalah dengan berdamai pada penguasa Byzantium dan Benesia, dengan maksud agar kedua negeri ini tidak menggangu